Wilujeung Sumping

Welcome!!!
semoga apa yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca,,,
Amin,,

Loading...

Selasa, 24 Agustus 2010

Silabus Ekonomi kelas X

SILABUS


Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 1
Pokok Bahasan : Masalah ekonomi dalam kaitannya dengan Kebutuhan, Kelangkaan, dan Sistem Ekonomi.
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Alokasi : 10x 45 menit


Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia





































Kebutuhan manusia
• Pengertian kebutuhan
• Macam-macam kebutuhan
• Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
• Pengertian benda pemuas Kebutuhan
• Macam- macam benda pemuas kebutuhan
• Kegunaan benda pemuas kebutuhan













• Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
• Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
• Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
• Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan.

• Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
• Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
• Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan
• Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan
• Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan




Jenis tagihan: Kuis dan pertanyaan lisan melalui uji penguasaan materi. ulangan, tugas individu, tugas kelompok (diskusi).

Bentuk tagihan: tes tertulis, uraian bebas.
3x 45 menit













• Buku Paket Ekonomi kelas X, Sukardi, Penerbit pusat perbukuan pendidikan Nasional
• Refrensi pada buku sumber lain yang relevan




































1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.











1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.




1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain








1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
• Pengertian kelangkaan
• Faktor penyebab kelangkaan
• Penentuan alokasi sumber daya ekonomi.
• Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan


Masalah pokok ekonomi
• Barang apa yang akan diproduksi.
• Bagaimana cara memproduksi barang tersebut.
• Untuk siapa barang tersebut diproduksi.


Biaya peluang.
• pengertian biaya peluang.
• contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.








Sistem ekonomi
• pengertian sistem ekonomi
• macam-macam sistem ekonomi
• kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
• Menggali informasi tentang kelangkaan.
• Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
• Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
• Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.



• Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.



• Mengkaji referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
• Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.




• Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi

• Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi kepustakaan.
• Mendeskripsikan pengertian kelangkaan

• Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan

• Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.

• Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan



• Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.








• Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.

• Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.


• Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi
• Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi.
2x 45 menit

















2x 45 menit








1x 45 menit













2x 45 menit






































SILABUS

Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas /Program : X
Semester : 1
Pokok Bahasan : Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen

Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Alokasi : 8 x 45 menit


Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi

































2.2 Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram



Perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
• Kegiatan konsumsi dan perilaku konsumen






• Kegiatan produksi dan perilaku produsen





• Kegiatan distribusi dan pemasaran




• Pelaku kegiatan ekonomi







Arus lingkaran kegiatan ekonomi
• Diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram)









• Membahas pengertian konsumsi, cirri barang konsumsi, tujuan kegiatan konsumsi.
• Mendiskusikan pola konsumen dalam konsumsi.



• Membahas pengertian produksi, tujuan kegiatan produksi, dan faktor produksi.
• Mendiskusikan pola perilaku produsen.


• Membahas pengertian distribusi, hubungan distribusi dengan perdagangan, fungsi distribusi, dan saluran distribusi.
• Membahas para pelaku kegiatan ekonomi seperti rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri.



• Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram).
• Membahas arus perekonomian dua sektor.
• Membahas arus perekonomian terbuka/ empat sektor.















• Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
• Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
• Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)

• Mendeskripsikan barang produksi, proses produksi dan faktor produksi.
• Mendeskripsikan teori perilaku produsen (Tabel dan Grafik)

• Mengidentifikasi kegiatan distribusi dan perdagangan.
• Mendeskripsikan saluran-saluran distribusi
• Mendeskripsikan para pelaku kegiatan ekonomi.






• Mendeskripsikan diagram interaksi pelaku ekonomi.
• Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram).





Jenis tagihan: kuis, pertanyaan, ulangan, response, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok.

Bentuk tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, performance, portofolio, jawaban singkat.




4x45 menit































3x45 menit








• Buku Paket Ekonomi, Sukwati dkk,Penerbit Yudistira halaman 28-60
• Refrensi yang relevan pada sumber bahan

2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen • Peran Prodeusen dan Konsumen. • Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
• Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas. • Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).

• Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri). Ulangan harian, tugas kelompok 1x45 menit




Pokok Bahasan : Permintaan, Penawaran, Harga Keseimbangan, dan Pasar
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Alokasi : 14 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat
3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran











3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya



Permintaan dan Penawaran
• Pengertian, jenis, dan hukum permintaan dan permintaan.
• Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
• Kurva permintaan dan penawaran
• Fungsi permintaan dan penawaran


Hukum Permintaan dan Penawaran









• Mendiskusikan pengertian permintaan dan penawaran.
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang.
• Menggambar kurva permintaan dan penawaran.






• Mendiskusikan fungsi Permintaan dan Penawaran.
• Menunjukan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : jeruk Pontianak.

• Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
• Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
• Menggambar kurva permintaan dan penawaran.



• Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya
• Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.


Jenis tagihan: kuis, pertanyaan, ulangan, response, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok.

Bentuk tagihan; Pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, performance, portofolio, jawaban singkat.

4x45 menit












2x45 menit










• Buku Paket Ekonomi, Sukwati dkk,Penerbit Yudistira halaman 65-105
• Refrensi yang relevan pada sumber bahan



3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan


























Harga Keseimbangan
• Pengertian elastisitas dan macam-macamnya.
• Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran
• Pengertian harga dan output keseimbangan
• Menentukan harga dan output keseimbangan
• Pergeseran titik keseimbangan






• Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
• Memberi contoh proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
• Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
• Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
• Menentukan harga dan output keseimbangan dengan menggunakan tabel, dan grafik.

• Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan.
• Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
• Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
• Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambarkan grafiknya.
• Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan







5 x 45 menit



























3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang







3.5 Mendeskripsikan pasar input
Pasar Barang
• Pengertian pasar barang
• Bentuk-bentuk pasar barang (pasar output)




Pasar Input
• pasar input (pasar faktor produksi)
• Mendeskripsikan pengertian dan bentuk pasar barang melalui kajian referensi.
• Merumuskan pasar input melalui kajian referensi.




• Mencari berbagai bentuk pasar melalui studi lapangan.














• Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).




• Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input

4 x 45 menit





1 x 45 menit





SILABUS


Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi : 6 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat

4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro















Ekonomi Mikro dan Makro
• pengertian ekonomi mikro
• dan ekonomi makro
• perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro












• Mendeskripsikan pengertian
• ekonomi mikro dan ekonomi makro melalui kajian referensi.
• Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas
• Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi.
• Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro




• Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro
• Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
• Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)







Jenis tagihan: ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok

Bentuk tagihan: eburaian bas


4 x 45 menit














Refrensi yang relevan pada sumber bahan.

4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
• kemiskinan
• pemerataan pendapatan






• Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan, pemerataan pendapatan).
• Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi.
• Mengkomunikasikan hasil diskusi tentang kemiskinan, pemerataan pendapatan tanpa tatap muka (penugasan terstruktur).





• Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
• Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.




Tugas kelompok, ulangan harian, tes tertulis, uraian obyektif




2x45 menit







Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Alokasi : 10 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat

5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN








5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional














Pendapatan Nasional
• pengertian pendapatan nasional
• konsep PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, dan DI
• cara penghitungan pendapatan nasional


Perhitungan pendapatan nasional
• manfaat perhitungan pendapatan nasional
• menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran








• Merumuskan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, pendapatan disposibel (DI), melalui pengkajian referensi
• Menghitung pendapatan perkapita berdasarkan data BPS



• Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan mengkaji sumber referensi di kelas
• Menunjukan perbedaan metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi , pendapatan, dan pengeluaran melalui pengkajian referensi.





• Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, pendapatan disposibel (disposible income)
• Menghitung pendapatan per kapita.





• Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional
• Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
• Membedakan metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan, produksi dan pengeluaran.



Jenis tagihan: ulangan, tugas individu

Bentuk tagihan; tes tertulis, uraian bebas.




Ulangan, tes tertulis, uraian bebas














2 x 45 menit









3x45 menit
















Refrensi yang relevan pada sumber bahan.

5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain




5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
PDB dan pendapatan perkapita
• membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.


Inflasi
• pengertian inflasi.
• sebab dan cara mengatasi inflasi.
• dampak inflasi









Indeks Harga
• indeks harga konsumen dan produsen
• menghitung inflasi dengan indeks harga




• Mengkaji referensi untuk membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.


• Mengkaji referensi tentang inflasi.
• Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya melalui pengkajian referensi.
• Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta di lingkungan sekitar siswa untuk mengetahui dampak inflasi yang mereka alami.

• Mencari data tentang perkembangan harga kebutuhan pokok di lingkungan siswa, dan menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen



• Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.



• Mendeskripsikan pengertian inflasi.
• Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya
• Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi .




• Mendeskripsikan indeks harga konsumen dan produsen
• Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen.


Ulangan, pilihan ganda





Ulangan, tugas individu, tes tertulis, uraian bebas


2 x 45 menit





3 x 45 menit





Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi
Alokasi : 10 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat

6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan









6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi
Penerapan fungsi matematika dalam ekonomi
• Fungsi Konsumsi
• Fungsi Tabungan







• Kurva Permintaan Investasi



• Mengkaji referensi untuk menentukan harga, out put keseimbangan, laba / rugi dan produksi optimum dengan fungsi matematis dan dan menggunakan tabel dan grafik.


• Mengkaji referensi tentang kurva permintaan investasi



• Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
• Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya



• Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi




Jenis tagihan: ulangan, laporan individu atau kelompok

Bentuk tagihan: tes tertulis, uraian bebas.

Ulangan, tes tertulis, uraian bebas



6 x 45 menit







4 x 45 menit




Refrensi yang relevan pada sumber bahan.


Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan
Alokasi : 8 x 45 menit

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber/ Bahan/ Alat

7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang







7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral















Permintaan dan penawaran uang
• pengertian permintaan dan penawaran uang
• faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang


Bank
• pengertian bank
• peran bank umum dan bank sentral
• lembaga keuangan bukan bank
• kredit.












• Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang melalui kajian referensi


• Mendiskusikan jenis, fungsi, serta cara memanfaatkan produk bank dan lembaga keuangan lainnya dalam kehidupan sehari-hari melalui kajian referensi/studi lapangan.
• Mengkaji referensi tentang pengertian kredit, persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit, kebaikan kredit dan keburukan kredit.




• Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang


• Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat.
• Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk bank dalam kehidupan sehari-hari.
• Mendeskripsikan konsep kredit.
• Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C).




Jenis tagihan: ulangan, tugas individu

Bentuk tagihan; pilihan ganda



Ulangan, tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis, uraian bebas


2x 45 menit







4x 45 menit

















Refrensi yang relevan pada sumber bahan.

7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter
Kebijakan pemerintah di bidang moneter
• Kebijakan moneter.


• Merumuskan kebijakan moneter dengan mengkaji sumber bahan





• Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga
• Mendeskripsikan kebijakan moneter


Ulangan, pilihan ganda


2x45 menit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar