Wilujeung Sumping

Welcome!!!
semoga apa yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca,,,
Amin,,

Kamis, 19 Agustus 2010

RPP ekonomi kelas X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (sepuluh) /1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kebutuhan manusia.

Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3. Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
4. Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
5. Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
b) Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
d) Siswa dapat mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
e) Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f) Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.

B. Materi Ajar/Materi Pokok
• Kebutuhan manusia.
• Barang sebagai alat pemenuhan kebutuhan

C. Uraian Materi
a) Pengertian kebutuhan.
b) Macam-macam kebutuhan.
c) Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
d) Pengertian benda pemuas kebutuhan.
e) Macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f) Kegunaan benda pemuas kebutuhan.

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Penugasan.

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari kebutuhan manusia beserta macam-macamnya.

2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang kebutuhan manusia beserta macammacamnya.
• Memberikan contoh berbagai kebutuhan manusia.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan masing-masing.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.

Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari barang sebagai alat pemuas kebutuhan manusia beserta macam-macamnya.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang barang sebagai alat pemuas kebutuhan manusia beserta macam-macamnya.
• Memberikan contoh berbagai jenis barang.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi berbagai jenis barang.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.

G. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.

H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Mengapa jenis dan jumlah kebutuhan manusia selalu berkembang?
2) Sebutkan cara pengelompokkan kebutuhan manusia!
3) Sebutkan cara pengelompokkan barang sebagai alat pemuas kebutuhan!
4) Sebutkan kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya!
5) Sebutkan faktor-faktor yang menjadi pertimbangan di dalam
memenuhi kebutuhan!
b. Penugasan
Identifikasi dan klasifikasilah kebutuhan Anda beserta keluarga berdasarkan atas cara pengelompokkannya!


Mengetahui Ciamis, Agustus 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (sepuluh) /1
Pertemuan : 1 x pertemuan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar : 1. Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia.
2. Mengidentifikasi masalah ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi.

Indikator : 1. Mendeskripsikan kelangkaan sumber ekonomi.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan.
3. Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
1) Mendeskripsikan kelangkaan sumber ekonomi.
2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan.
3) Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi.

B. Materi Ajar/Materi Pokok
• Kelangkaan sumber ekonomi.
• Faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan.
• Masalah pokok ekonomi.

C. Uraian Materi
a) Kelangkaan sumber ekonomi.
b) Faktor-faktor penyebab kelangkaan.
c) Masalah pokok ekonomi.

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Penugasan.

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (15 menit)
 Mengulang materi yang sebelumnya.
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan di ajarkan.
 Menjelaskan materi tentang manfaat mempelajari kelangkaan sumber ekonomi dan masalah pokok ekonomi.
 Melakukan tanya jawab tentang kelangkaan sumber ekonomi.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
 Menjelaskan kelangkaan sumber ekonomi.
 Menjelaskan masalah pokok ekonomi.
 Memberikan contoh kelangkaan sumber ekonomi.
 Mendiskusikan masalah pokok ekonomi.
 Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang.

G. Penugasan
a. Tes uraian
b. Penugasan

H. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.

I. Penilaian
Teknik Penilaian.
a. Tes dan Penugasan
 Tes tertulis
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan kelangkaan!
2) Kelangkaan sumber daya menurut ilmu ekonomi dapat dirumuskan dengan 2 cara yang berbeda. Sebutkan!
3) Sebutkan faktor-faktor yang dapat menyebabkan kelangkaan!
4) Sebutkan permasalahan pokok yang dihadapi setiap organisasi ekonomi!

 Penugasan
• Tugas mandiri berstruktur
Amati dan klasifikasikan sumber daya ekonomi yang langka di
lingkungan tempat tinggal Anda!
• Tugas mandiri tidak berstruktur
Kunjungi dan tanyakan berbagai permasalahan ekonomi yang biasa
dihadapi perusahaan dan pemerintah di lingkungan Anda!

b. Kunci jawaban
1) Jumlah barang dan jasa yang tersedia tidak sebanding dengan kebutuhan

2) - Terbatas dalam artian tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya
kebutuhan manusia
- Terbatas dalam arti manusia harus melakukan pengorbanan untuk memperolehnya.

3) Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kelangkaan
- Kebutuhan manusia terus meningkat sedangkan sumber daya alam yang baru belum ditemukan.
- Sebagian manusia memiliki sifat serakah, akibatnya persediaan sumber daya alam cepat berkurang dan rusak.
- Persediaan sumber daya alam terbatas.
- Kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya alam terbatas.

4) Permasalahan pokok yang dihadapi setiap organisasi ekonomi
- What (apa)
- How (bagaimana)
- Who (siapa)
- For whom (untuk siapa)

c. Skor
Tes tertulis tiap nomor skornya 5 : 4 x 5 = 20
Penugasan tiap nomor skornya 10 : 2 x 10=20

20 + 20 = 40 = 10
4 4





Mengetahui Ciamis, 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan













































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (sepuluh) /1
Pertemuan : 1 x pertemuan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia.

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasikan hilangnya kesempatan pada tenaga kerja jika melakukan produksi di bidang lain.

Indikator : 1. Menunjukkan pilihan kesempatan produksi oleh tenaga kerja.
2. Menentukan biaya kesempatan pada tenaga kerja

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu:
1) Menentukan pilihan kesempatan produksi oleh tenaga kerja.
2) Menentukan biaya kesempatan pada tenaga kerja

B. Materi Ajar/Materi Pokok
1) Pilihan kesempatan produksi oleh tenaga kerja
2) Biaya kesempatan pada tenaga kerja

C. Uraian Materi
1) Pilihan kesempatan produksi oleh tenaga kerja
2) Biaya kesempatan pada tenaga kerja

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Diskusi
• Penugasan.

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (15 menit)
 Mengulang materi yang sebelumnya/ Apersepsi
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan di ajarkan.
 Melakukan tanya jawab tentang pilihan kesempatan produksi oleh tenaga kerja.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
 Menjelaskan materi tentang pilihan kesempatan produksi yang dimiliki oleh setiap tenaga kerja.
 Memberikan contoh berbagai pilihan kesempatan produksi oleh seorang tenaga kerja.
 Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi berbagai pilihan kesempatan produksi oleh seorang tenaga kerja.
 Mengadakan latihan.



3. Kegiatan Akhir (15 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang.

G. Penugasan
a. Tes uraian
b. Penugasan

H. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.

I. Penilaian
Teknik Penilaian.
a. Tes dan Penugasan
 Tes tertulis
1) Apa yang dimaksud dengan biaya peluang?
2) Sebutkan ciri khas biaya peluang!

 Penugasan
• Berikan contoh biaya peluang yang pernah kalian rasakan/ alami! Tugas mandiri tidak berstruktur

b. Kunci jawaban
 Tes tertulis
1) Hilangnya kesempatan untuk menggunakan sumber-sumber yang ada karena telah memilih alternatif penggunaan.
2) Ciri khas biaya peluang:
• Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang.
• Memiliki banyak kemungkinan penggunaan.
• Pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada tujuan dan situasi individu.

c. Skor
Tes tertulis tiap nomor skornya 5 : 2 x 5 = 10
Penugasan tiap nomor skornya 10 : 1 x 10=10
10 + 10 = 20 = 10
2 2




Mengetahui Ciamis, 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (sepuluh) /1
Pertemuan : 1 x pertemuan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia.

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.

Indikator : 1. Mendeskripsikan sistem ekonomi tradisional.
2. Mendeskripsikan sistem ekonomi liberal atau kapital.
3. Mendeskripsikan sistem ekonomi sosialis.
4. Mendeskripsikan sistem ekonomi campuran.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan sistem ekonomi tradisional.
2. Mendeskripsikan sistem ekonomi liberal atau kapital.
3. Mendeskripsikan sistem ekonomi sosialis.
4. Mendeskripsikan sistem ekonomi campuran.

B. Materi Ajar/Materi Pokok
1. Sistem ekonomi tradisional.
2. Sistem ekonomi liberal atau kapital.
3. Sistem ekonomi sosialis.
4. Sistem ekonomi campuran.

C. Uraian Materi
1. Sistem ekonomi tradisional.
2. Sistem ekonomi liberal atau kapital.
3. Sistem ekonomi sosialis.
4. Sistem ekonomi campuran.

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Diskusi
• Penugasan.

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (15 menit)
 Mengulang materi yang sebelumnya/ Apersepsi
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan di ajarkan.
 Melakukan tanya jawab tentang sistem ekonomi
2. Kegiatan Inti (60 menit)
 Menjelaskan materi tentang sistem ekonomi yang digunakan oleh berbagai negara di dunia.
 Memberikan contoh-contoh sistem ekonomi yang digunakan oleh suatu negara.
 Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi ciri-ciri berbagai sistem ekonomi.
 Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang.

G. Penugasan
a. Tes uraian
b. Penugasan

H. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.

I. Penilaian
Teknik Penilaian.
a. Tes dan Penugasan
 Tes tertulis
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi!
2) Sebutkan berbagai sistem ekonomi yang ada di dunia!
3) Sebutkan kelebihan sistem ekonomi tradisional!
4) Sebutkan bunyi Pasal 33 UUD 1945 yang menjadi dasar demokrasi ekonomi!
5) Sebutkan kelebihan dari sistem ekonomi campuran.

 Penugasan
• Amati dan identifikasilah ciri-ciri sistem ekonomi yang berlaku di Indonesia.

b. Kunci jawaban
 Tes tertulis
1) Suatu cara untuk mengatur atau mengorganisasikan segala kegiatan perekonomian dalam masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu.
2) Sistem ekonomi yang ada di dunia yaitu:
- Sistem ekonomi Tradisional
- Sistem ekonomi pasar
- Sistem ekonomi terpusat
- Sistem ekonomi campuran
3) Kelebihan sistem ekonomi tradisional:
- Tidak terjadi persaingan
- Konflik-konflik tidak terjadi
- Cukup aman karena anggota masyarakat tidak dibebani dengan target-target yang harus di capai
- Tidak menimbulkan tekanan jiwa bagi masyarakat.
4) Pasal 33 UUD 1945 berbunyi:
- Ayat (1)
Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
- Ayat (2)
Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
- Ayat (3)
Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
5) Kelebihan sistem ekonomi campuran:
- Dengan adanya campur tangan pemerintah, pertumbuhan ekonomi akan teratur dan stabil.
- Karena inisiatif dan kreativitas seseorang diakui, maka terdorong untuk mencari keuntungan.
- Tugas pemerintah tidak terlalu berat karena mendapat bantuan dari swasta.
- Adanya campur tangan pemerintah dapat memperkecil pengaruh monopoli swasta.

c. Skor
- Tes tertulis tiap nomor skornya 5 : 5 x 5 = 25
- Penugasan tiap nomor skornya 5 : 1 x 5 = 5

25 + 5 = 30 = 10
3 3





Mengetahui Ciamis, 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (sepuluh) /1
Pertemuan : 3 x pertemuan
Alokasi waktu : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.

Indikator : 1. Menunjukkan peran konsumen dan produsen.
2. Mendeskripsikan peran rumah tangga dalam ekonomi.
3. Mendeskripsikan peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
4. Mendeskripsikan peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
5. Mendeskripsikan peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan
ekonomi

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu:
1. Menunjukkan peran konsumen dan produsen.
2. Mendeskripsikan peran rumah tangga dalam ekonomi.
3. Mendeskripsikan peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
4. Mendeskripsikan peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
5. Mendeskripsikan peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi.

B. Materi Ajar/Materi Pokok
1. Peran konsumen dan produsen.
2. Peran rumah tangga dalam ekonomi.
3. Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
4. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
5. Peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi.

C. Uraian Materi
1. Peran konsumen dan produsen.
2. Peran rumah tangga dalam ekonomi.
3. Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
4. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
5. Peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi.

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Diskusi
• Penugasan.




F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke - 1
1. Kegiatan Awal (10 menit)
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan di ajarkan.
 Menjelaskan manfaat mempelajari peran pordusen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi.
2. Kegiatan Inti (70 menit)
 Menjelaskan peran produsen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi.
 Memberi contoh peran produsen dan konsumen.
 Menugaskan siswa untuk membuat deskripsi perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
 Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir (10 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang.

Pertemuan ke - 2
1. Kegiatan Awal (10 menit)
 Mengulang materi yang sebelumnya/ Apersepsi.
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan di ajarkan.
 Menjelaskan materi tentang manfaat mempelajari peran rumah tangga dan perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
 Melakukan tanya jawab tentang peran rumah tangga dan perusahaan dalam kegiatan ekonomi
2. Kegiatan Inti (70 menit)
 Menjelaskan materi peran rumah tangga dalam kegiatan ekonomi.
 Menjelaskan materi tentang peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
 Mendiskusikan berbagai peran rumah tangga dan perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
 Memberikan contoh peran rumah tangga dan perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
 Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir (10 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang

Pertemuan ke - 3
1. Kegiatan Awal (10 menit)
 Mengulang materi yang sebelumnya/ Apersepsi.
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan di ajarkan.
 Menjelaskan materi tentang manfaat mempelajari peran pemerintah dan sektor luar negeri dalam kegiatan ekonomi.
 Melakukan tanya jawab tentang peran pemerintah dan sektor luar negeri dalam kegiatan ekonomi.
2. Kegiatan Inti (70 menit)
 Menjelaskan materi tentang peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
 Menjelaskan materi tentang peran sektor luar negeri dalam kegiatan ekonomi.
 Mendiskusikan berbagai peran pemerintah dan sektor luar negeri dalam kegiatan ekonomi.
 Memberikan contoh peran pemerintah dan sektor luar negeri dalam kegiatan ekonomi.
 Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir (10 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang.


G. Penugasan
a. Tes uraian
b. Penugasan

H. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 2.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.

I. Penilaian
Teknik Penilaian.
a. Tes dan Penugasan
 Tes tertulis
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan nilai guna?
2) Bagaimana bunyi hukum nilai guna marginal yang makin menurun?
3) Bagaimana bunyi hukum keterbatasan peningkatan produksi?
4) Sebutkan peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi di Indonesia!
 Penugasan
• Amati dan identifikasilah peran produsen dan konsumen yang ada di sekitar tempat tinggal Anda! Klasifikasikan juga peran mereka dalam kegiatan ekonomi!

b. Kunci jawaban
 Tes tertulis
1) Arti yang diberikan manusia terhadap suatu barang atau jasa karena barang atau jasa itu berguna dan dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhannya.
2) Tambahan nilai guna yang akan diperoleh seseorang dari mengonsumsi sesuatu barang akan menjadi makin sedikit apabila orang tersebut terus-menerus menambah konsumsinya atas barang yang bersangkutan.
3) Apabila satu macam faktor produksi ditambahkan terus-menerus penggunaannya, sedangkan faktor-faktor produksi lain tetap, tambahan output yang dihasilkan akibat ditambahnya tiap satuan faktor produksi tadi mula-mula akan meningkat, namun kemudian akan terus menurun.
4) Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi di Indonesia yaitu:
a. Pemerintah sebagai pengatur.
b. Pemerintah sebagai pengontrol.
c. Pemerintah sebagai penguasa.
d. Pemerintah sebagai konsumen.
e. Pemerintah sebagai produsen/ investor.

c. Skor
- Tes tertulis tiap nomor skornya 5 : 4 x 5 = 20
- Penugasan tiap nomor skornya 5 : 1 x 10 = 5

20 +10 = 30 = 10
3 3




Mengetahui Ciamis, Oktober 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (sepuluh) /1
Pertemuan : 1 x pertemuan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan circulair flow diagram.

Indikator : 1. Menggambarkan diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Menyebutkan manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu:
1. Menggambarkan diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Menyebutkan manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.

B. Materi Ajar/Materi Pokok
1. Diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.

C. Uraian Materi
1. Diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Diskusi
• Penugasan.

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (15 menit)
 Mengulang materi yang sebelumnya/ Apersepsi.
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan di ajarkan.
 Melakukan tanya jawab tentang manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
 Menjelaskan diagram interaksi pelaku ekonomi.
 Menjelaskan manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
 Memberikan contoh manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
 Menugaskan siswa untuk membuat diagram pelaku ekonomi di daerahnya.
 Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang.

G. Penugasan
a. Tes uraian
b. Penugasan

H. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 2.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.

I. Penilaian
Teknik Penilaian.
a. Tes dan Penugasan
 Tes tertulis
1) Sebutkan empat sektor para pelaku ekonomi!
2) Sebutkan 5 manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi!

 Penugasan
• Amati dan gambarkan diagram interaksi pelaku ekonomi antara rumah tangga dan perusahaan yang ada di tempat tinggal Anda!

b. Kunci jawaban
 Tes tertulis
1) Empat sektor para pelaku ekonomi.
• Sektor rumah tangga
• Sektor perusahaan
• Sektor pemerintah
• Sektor luar negeri
2) 5 manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi yaitu:
- Sebagai media bagi pemerintah dengan menganalisis aliran arus uang dan arus barang dalam kegiatan ekonomi nasional agar kebijakan yang hendak ditempuh dalam stabilitas ekonomi nasional mudah dikendalikan.
- Sebagai alat bantu bagi pemerintah dalam mengawasi dan mengatur kebutuhan akan barang dalam mengawasi dan mengatur kebutuhan akan barang dalam negeri dengan arus barang/ uang dari luar negeri (ekspor/ impor).
- Untuk menentukan pola pembangunan nasional.
- Mengetahui perhitungan dan distribusi pendapatan dan produk nasional, perhitungan pendapatan nasional dan RAPBN termasuk kebijakan-kebijakannya.
- Mengetahui gambaran tentang arus investasi dan dana pembangunan dari dalam atau luar negeri (swasta nasional/ swasta asing).

c. Skor
- Tes tertulis tiap nomor skornya 5 : 2 x 5 = 10
- Penugasan tiap nomor skornya 5 : 1 x 10 = 10

10 + 15 = 20 = 10
2 2


Mengetahui Ciamis, Oktober 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)





Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (sepuluh) /1
Pertemuan : 1 x pertemuan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.

Indikator : 1. Menyebutkan pengertian permintaan dan penawaran.
2. Menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
3. Menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu:
1. Menyebutkan pengertian permintaan dan penawaran.
2. Menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
3. Menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.

B. Materi Ajar/Materi Pokok
1. Pengertian permintaan dan penawaran.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.

C. Uraian Materi
1. Pengertian permintaan dan penawaran.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Diskusi
• Penugasan.

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (10 menit)
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan diajarkan.
 Melakukan tanya jawab tentang permintaan, penawaran, serta faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
2. Kegiatan Inti (70 menit)
 Menjelaskan pengertian permintaan.
 Menjelaskan pengertian penawaran.
 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
 Memberikan contoh berbagai faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu barang.
 Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu barang di pasar
 Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir (10 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang.

G. Penugasan
a. Tes uraian
b. Penugasan

H. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.

I. Penilaian
Teknik Penilaian.
a. Tes dan Penugasan
 Tes tertulis
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan permintaan?
2) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan penawaran!
3) Sebutkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penawaran suatu barang!
4) Mengapa harga barang subsitusi juga dapat mempengaruhi permintaan suatu barang?
5) Apakah selera atau kebiasaan dapat mempengaruhi permintaan?

 Penugasan
• Amati dan identifikasilah berbagai faktor yang dapat memengaruhi permintaan dan penawaran suatu barang yang terjadi di sekitar tempat tinggal Anda!

b. Kunci jawaban
 Tes tertulis
1) Berbagai jumlah barang dan jasa yang diminta dan mampu dibeli oleh pembeli atau konsumen pada berbagai tingkat harga pada periode tertentu dalam suatu pasar.
2) Jumlah barang atau jasa dimana penjual bersedia menjual pada berbagi tingkat harga dan waktu tertentu dalam suatu pasar.
3) faktor-faktor yang dapat memengaruhi penawaran suatu barang:
• harga
• teknik produksi
• harga faktor-faktor produksi
• perkiraan situasi pada masa yang akan datang
4) karena apabila harga barang substitusi naik, permintaan terhadap barang akan meningkat karena konsumen akan beralih ke barang lain yang sejenis.
5) Ya. Karena perbedaan kebiasaan atau selera dapat disebabkan oleh usia jenis kelamin, tempat, cuaca, dan lain-lain.






c. Skor
- Tes tertulis tiap nomor skornya 5 : 5 x 5 = 25
- Penugasan tiap nomor skornya 5 : 1 x 5 = 5

25 + 5 = 30 = 10
3 3





Mengetahui Ciamis, November 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan













































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)





Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (sepuluh) /1
Pertemuan : 1 x pertemuan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Kompetensi Dasar : Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.

Indikator : 1. Menjelaskan hukum permintaan.
2. Membuat contoh tabel dan kurva permintaan.
3. Menjelaskan hukum penawaran.
4. Membuat contoh tabel dan kurva penawaran.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu:
1. Menjelaskan hukum permintaan.
2. Membuat contoh tabel dan kurva permintaan.
3. Menjelaskan hukum penawaran.
4. Membuat contoh tabel dan kurva penawaran.

B. Materi Ajar/Materi Pokok
1. Hukum permintaan.
2. Contoh tabel dan kurva permintaan.
3. Hukum penawaran.
4. Contoh tabel dan kurva penawaran.

C. Uraian Materi
1. Hukum permintaan.
2. Contoh tabel dan kurva permintaan.
3. Hukum penawaran.
4. Contoh tabel dan kurva penawaran.

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Diskusi
• Penugasan.

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (15 menit)
 Mengulang materi yang sebelumnya/ Apersepsi
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan diajarkan.
 Menjelaskan materi tentang manfaat mempelajari hukum, tabel, serta kurva permintaan dan penawaran.
 Melakukan tanya jawab mengenai hukum, tabel, serta kurva permintaan dan penawaran.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
 Menjelaskan hukum, tabel, serta kurva permintaan.
 Menjelaskan hukum, tabel, serta kurva penawaran.
 Memberikan contoh cara membuat tabel ataupun kurva permintaan.
 Memberikan contoh cara membuat tabel ataupun kurva penawaran.
 Menugaskan siswa untuk mengumpulkan data tentang permintaan maupun penawaran suatu barang, selanjutnya dibuat tabel maupun kurvanya.
 Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang.

G. Penugasan
a. Tes uraian
b. Penugasan

H. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.

I. Penilaian
Teknik Penilaian.
a. Tes dan Penugasan
 Tes tertulis
1) Bagaimana bunyi hukum permintaan?
2) Bagaimana bunyi hukum penawaran?
3) Berikan contoh tabel dan kurva permintaan!

 Penugasan
• Kunjungi dan tanyakanlah kepada pemilik toko atau kios di sekitar tempat tinggal Anda mengenai permintaan dan penawaran suatu barang! Dan buatlah dalam bentuk tabel dan gambarkan kurvanya!

b. Kunci jawaban
 Tes tertulis
1) Makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta, atau makin rendah harga suatu barang, makin banyak jumlah harga yang diminta, dengan asumsi faktor-faktor lain tidak berubah.
2) Makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan, atau makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan, dengan asumsi faktor-faktor lain tidak berubah.

c. Skor
- Tes tertulis tiap nomor skornya 5 : 3 x 5 = 15
- Penugasan tiap nomor skornya 5 : 1 x 5 = 5

15 + 5 = 20 = 10
2 2



Mengetahui Ciamis, November 2009
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan


























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)





Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (sepuluh) /1
Pertemuan : 1 x pertemuan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan.

Indikator : 1. Mendefinisikan harga keseimbangan.
2. Mendemonstrasikan terbentuknya harga pasar.


A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu:
1. Mendefinisikan harga keseimbangan.
2. Mendemonstrasikan terbentuknya harga pasar.

B. Materi Ajar/Materi Pokok
1. Harga keseimbangan.
2. Mendemonstrasikan terbentuknya harga pasar.

C. Uraian Materi
1. Harga keseimbangan.
2. Mendemonstrasikan terbentuknya harga pasar.

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi
• Tanya jawab
• Diskusi
• Penugasan.

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (15 menit)
 Mengulang materi yang sebelumnya/ Apersepsi
 Menjelaskan cakupan materi pembelajaran yang akan diajarkan.
 Melakukan tanya jawab tentang harga dan jumlah keseimbangan.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
 Menjelaskan materi mengenai harga dan jumlah keseimbangan.
 Memberikan contoh proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan.
 Menugaskan siswa untuk menentukan harga dan jumlah keseimbangan suatu barang.
 Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
 Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan peserta didik.
 Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
 Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
G. Penugasan
a. Tes uraian
b. Penugasan

H. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.

I. Penilaian
Teknik Penilaian.
a. Tes dan Penugasan
 Tes tertulis
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan harga keseimbangan!
2) Bagaimana proses terbentuknya harga pasar suatu barang?
3) Apakah harga keseimbangan suatu barang dapat bergeser? Uraikan kondisi-kondisi yang menyebabkannya!

 Penugasan
• Kunjungi dan amatilah interaksi para penjual dan pembeli di pasar sehingga dapat membentuk harga keseimbangan!

b. Kunci jawaban
 Tes tertulis
1) Harga keseimbangan (equilibrium price) adalah suatu tingkat harga yang pada tingkat harga tersebut jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta.
2) Makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan, atau makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan, dengan asumsi faktor-faktor lain tidak berubah.

c. Skor
- Tes tertulis tiap nomor skornya 5 : 3 x 5 = 15
- Penugasan tiap nomor skornya 5 : 1 x 5 = 5

15 + 5 = 20 = 10
2 2





Mengetahui Ciamis, November 2009
Guru Mata Pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar